Rabu, 10 April 2013

Jadi Hafidz Qur'an??? Mengapa Tidak?


oleh: M Ridho

AL-QUR’AN adalah kitab suci umat islam yang diwahyukan oleh Allah Swt. kepada nabi Muhammad Saw.Melalui malaikat jibril. Al-qur’an merupakan mu’jizat terbesar yang didapatkan oleh Rasulullah Saw. Al-qur’an diturunkan selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Dengan waktu itu, Al-qur’an diturunkan dengan tahap demi tahap yang terdiri atas 30 Juz, 6666 ayat,  dan 114 surat. Gua hira merupakan tempat pertama kalinya diturunkan Al-qur’an. Tujuan diturunkannya Al-qur’an adalah sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat manusia.

Salah satu hal yang disarankan selain dibaca dan dipelajari adalah dihapal. Menghapal Al-qur’an adalah hal yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah Saw. Untuk dapat menjadi penghapal Al-qur’an(Al Hafidz), maka diawali dengan niat yang kuat untuk menghapal Al-qur’an. Setelah niat untuk menghapal Al-qur’an telah kuat, maka mulailah untuk menghapal al-qur’an sedikit demi sedikit. Apabila telah terbiasa menghapal Al-qur’an setiap harinya, maka buatlah target hapalan untuk setiap harinya. Usahakanlah untuk dapat meningkatkan kapasitas hapalan dalam setiap menghapal. Jika sudah ada niat yang kuat untuk menghapal Al-qur’an, InsyaAllah akan diberi kemudahan oleh Allah
ôs)s9ur $tR÷Žœ£o tb#uäöà)ø9$# ̍ø.Ïe%#Ï9 ö@ygsù `ÏB 9Ï.£B ÇÊÐÈ  

Artinya : Dan sungguh, telah kami mudahkan Al-qur’an untuk peringatan, maka adakah   kamu mengambil pelajaran?(QS. Al Qamar:17)

Untuk memudahkan menghapal al-qur’an, mintalah saudara atau teman untuk menyimak hapalan yang kita miliki. Setiap bulan Ramadhan,Nabi Muhammad Saw. Dicek hapalannya oleh malaikat jibril. Menghapal Al-qur’an memiliki banyak keutamaan, diantaranya yaitu :
1)      Hafizh Qur’an adalah keluarga Allah yang berada di atas bumi. “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)
2)      Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw bersabda:  “Penghafal Al Quran akan datang pada hari kiamat, kemudian Al Quran akan berkata: Wahai Tuhanku, bebaskanlah dia, kemudian orang itu dipakaikan mahkota karamah (kehormatan), Al Quran kembali meminta: Wahai Tuhanku tambahkanlah, maka orang itu diapakaikan jubah karamah. Kemudian Al Quran memohon lagi: Wahai Tuhanku ridhailah dia, maka Allah meridhainya. Dan diperintahkan kepada orang itu, bacalah dan teruslah naiki (derajat-derajat surga), dan Allah menambahkan dari setiap ayat yang dibacanya tambahan nikmat dan kebaikan”  (HR. Tirmidzi, hadits hasan {2916}, Inu Khuzaimah, Al Hakim, ia menilainya hadits shahih)
3)      Al Qur’an akan menjadi penolong (syafa’at) bagi penghafal .Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).”" (HR. Muslim)
4)      “Barangsiapa yang membaca (hafal) Al Quran, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan padanya.” (HR. Hakim)
5)      Kepada hafizh Al Qur’an, Rasul SAW menetapkan berhak menjadi imam shalat berjama’ah. Rasulullah SAW bersabda, “Yang menjadi imam suatu kaum adalah yang paling banyak hafalannya.” (HR. Muslim)
6)      Bahkan Allah membolehkan seseorang memiliki rasa iri terhadap para ahlul Qur’an, “Tidak boleh seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, menginginkan seseorang yang diajarkan oleh Allah kepadanya Al Qur’an kemudian ia membacanya sepanjang malam dan siang, sehingga tetangganya mendengar bacaannya, kemudian ia berkata, ‘Andaikan aku diberi sebagaimana si fulan diberi, sehingga aku dapat berbuat sebagaimana si fulan berbuat’” (HR. Bukhari)

Begitu banyak keutamaan menghapal Al-qur’an. Selain data diatas, masih banyak lagi keutamaan lainnya. Maka dari itu, mulai dari sekarang serta diniatkan dari saat ini untuk menjadi penghapal Al-qur’an. Jadikanlah Al-qur’an sebagai petunjuk dalam hidupmu dan mudah-mudahan dia akan dapat memberimu syafa’at di yaumil akhir kelak Aamiin...!!!

#OneDayOneAyat
#TiadaHariTanpaAl-qur’an
#LPQ AL-HURRIYYAH


0 komentar:

Posting Komentar