Sabtu, 09 Maret 2013

Press Realese MTQ IPB VI



Dengan nama Allah…
“Sesungguhnya Al Qur’an ini adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada-dada orang yang diberi ilmu, dan tidaklah mengingkari ayat-ayat kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS. Al Ankabut: 49)
Puji syukur, atas segala nikmat dan keridhoan Allah, acara MTQ IPB VI telah  terlaksana . MTQ IPB VI adalah program dari Direktorat Kemahasiswaan IPB bersama  LPQ Al- Hurriyyah IPB yang bertujuan untuk mengembalikan kembali semangat para akademika muslim IPB  untuk lebih dekat dan mengkaji Al-Quran.  Para pemenang MTQ IPB VI ini nantinya akan menjadi kafilah IPB untuk MTQ Nasional.
MTQ IPB dilaksanakan tanggal 2 Maret 2013 di Gedung Common Class Room (CCR) IPB. Acara dibuka pukul 07.00 WIB di auditorium CCR. Dibuka oleh Ustadz Hamzah sebagai ketua pelaksana. Penutupan serta pengumuman pemenang dilaksanakan pada pukul 17.00 WIB. Pada acara penutupan ini ada sesi hiburan yang diisi oleh Nasyid “Barivo.”
Berikut adalah 13 bidang lomba beserta para juara MTQ VI IPB:
1.  Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ)  yang diikuti oleh 20 orang peserta. Juara putra: juara I Khaidar Hazmi  dengan nilai 164, juara II  Syaddam Husein Fatagar  dengan nilai 163, juara III  Abdul Hadi Lubis  dengan nilai 159. Juara putri: juara  I  Vivi Safriani dengan nilai 163, juara II  Mida Laila Pisema  dengan nilai 154, juara III  Oktavia Damayanti  dengan nilai 141.
2.  Musabaqah Tartil  Qur’an  (MTarQ)  yang  diikuti oleh 46 orang peserta. Juara putra: juara  I  Amroyanu Habib  dengan nilai 184,2, juara II  Damiyati  dengan nilai 183,5, juara III  Teungku Haikal  dengan nilai 180,4. Juara putri: juara I  Farih Najah Rosadiah  dengan nilai 75, juara II  Oktavia Damayanti  dengan nilai  72, juara III  Vivi Safriani dengan nilai 64.
3.  Musabaqah Hifzhil Qur’an  (MHQ)  1 juz (juz 1 atau juz   30) yang diikuti oleh  31 orang peserta. Juara Putra: juara I  Abdul Aziz  dengan nilai  99,6, juara II  Sayyid Naufal Al Qosam  dengan nilai  98, juara III  Teungku Haikal  dengan nilai 94,3. Juara putri: juara I  Farih Najah Rosadiah dengan nilai  100, juara II  Arni Nurwida  dengan nilai  98,3, juara III  Santi Susanti  dengan nilai  98,2.
4.  Musabaqah Hifzh Al-Qur’an (MHQ )  2 juz (juz 2 dan juz   3) yang diikuti oleh 10 orang peserta. Juara putra: juara I  Ahmad Fachruddin  dengan nilai  96,6, juara II  Muhammad Hakim Nur Huda  dengan nilai  92,6, juara III  Muhammad Fahmi Amir  dengan nilai  92,3. Juara putrid: Juara I  Farih Najah Rosadiah  dengan nilai  98,6, juara II  Azizah Rohimah  dengan nilai  97, juara III  Salsabila Khotibatunnisa  dengan nilai  95,6.
5.  Musabaqah Qira'at Sab'ah  (MQS)  (Qalun dan Warasy) yang diikuti oleh 4 peserta. Juaranya: juara  I  Damiyati  dengan nilai  148, juara II  Abdul Hadi Lubis  dengan nilai  147, juara III  Khoirul Umam  dengan nilai  133.
6.  Musabaqah Khathil Qur’an  (MKQ)  yang diikuti 5 orang peserta. Juara putra: juara I  Mumammad Zimamul Adli  dengan nilai  340, juara II  Ahsan Saifurrohman  dengan nilai  335, juara III  Nurdin Kurniawan Sukarya dengan nilai  240. Juara putri: juara I  Halimatus Sa’diyah  dengan nilai  340, juara II  Fikriana Mahdiana  dengan nilai  335.
7.  Musabaqah Fahmil Qur’an  (MFQ)  yang diikuti 47 orang peserta. Juara I Azwinur, Ria Hayatun Nur, dan Rahmad. Juara II Azizah Rohimah, Sajida Azhar, Santi Susanti, juara III Ismayanti Pratiwi, Chintia Febriani Permatasari, Wira Islamiati.
8.  Lomba Debat Ilmiah kandungan Al-Qur'an dalam bahasa Arab yang diikuti 6 orang peserta.
9.  Lomba  Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur'an dalam bahasa Inggris yang diikuti 7 orang peserta. juara I  Muhammad Iqbal Maulana dengan nilai 80, juara II  Yos Rizal Prima Saputra  dengan nilai  79, juara III  Gugi Yogaswara  dengan nilai 77.
10.  Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an  (LKTIA)  yang diikuti 41 peserta, 16 naskah. Juara I: Ismi Isti’anah ,Syifa Paoziah, Siti Rohmawati dengan nilai 2047. Juara II: Yani Mulyani, Sri Hayati, Eka Diati Ningsih dengan nilai 2016. Juara III: Abdul Rahman Putra,  Deden Dwi Permadi, Annisya Rosdiana dengan nilai 1903.
11.  Lomba Pidato Kandungan Al-Qur’an yang diikuti 16 orang peserta. Juara I  Nur Angel Muti’ah  dengan nilai 167, juara II  Ghozy Al-Marsus  dengan nilai  165, juara III  Nur Arif Rohman  dengan nilai  165.
12.  Lomba Puitisasi  Kandungan Al-Qur’an yang diikuti 27 orang peserta. juara I  Eer Muhamad Hoerudin  dengan nilai 337,5, juara II  Ghozy Al-Marsus  dengan nilai 310, juara III  Zulmiziar Marwandana  dengan nilai 210.
13. Lomba  Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur'an dalam bahasa Indonesia yang diikuti 5 orang peserta. juara I  Efi Riana  dengan nilai 81, juara II  Bimo Hario Kusumo  dengan nilai 77, juara III  Ikhwan Al Amin  dengan nilai 75.
Seluruh juara ini nantinya akan dibina untuk kemudian diseleksi untuk menjadi kafilah IPB dalam MTQ Nasional. Khusus untuk debat Kandungan Al Qur’an dengan bahasa Indonesia tidak diikutsertakan dalam pembinaan karena ternyata tidak ada cabang lomba debat dalam bahasa Indonesia di MTQ Nasional.
Semoga  para pemenang MTQ ini menjadi ahlul Qur’an yang sesungguhnya. Menjadi juara yang sesungguhnya, yang membumikan Al Qur’an dimanapun berada. Dan…bermanfaat bagi umat. Sukses selalu dan selamat meniti jalan menuju MTQ Nasional.
Terimakasih banyak kepada semua pihak yang turut membantu jalannya acara MTQ IPB IV 2013. Semoga senantiasa dalam keridhoan Allah swt. Aamiin.

2 komentar:

  1. indentasinya, kayaknya harus diperbaiki...

    BalasHapus