Kamis, 17 Januari 2013

Press Release Ujian Tahsin

“sebaik –baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur’an dan mengajarkannya..." 
-HR. Bukhari-
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.....

Apa kabar sahabat? Semoga senantiasa dalam naungan kasih sayang Allah SWT. Kami dari Lembaga Pengajaran Qur’an Al Hurriyyah ingin berbagi cerita bahwa disela Ujian akademik kita, LPQ pun tanggal 12 dan 13 Januari lalu telah mengadakan Ujian Tahsin Tahun Ajaran 2012-2013.

Ujian ditujukan untuk mengevaluasi kemampuan baca Qur’an dan pemahaman santri di bidang tahsin Al Qur’an. Ujian terdiri dari dua tipe, yaitu ujian tulis dan lisan. Kedua tipe ujian ini dilaksanakan berbarengan. Peserta yang sedang melaksanakan ujian tulis akan dipanggil namanya satu per satu untuk melaksanakan ujian lisan. Setelah ujian lisan selesai, peserta dipersilakan melanjutkan ujian tulisnya. Pemanggilan dilakukan berdasarkan waktu kehadiran peserta.

Hari 1

Ujian tahsin akhwat dilaksanakan di Aula Masjid Al Hurriyyah, sementara ikhwan di Ruang Sahabat Abu Bakar Masjid Al Hurriyyah. Peserta ujian merupakan santri tahsin yang terdaftar di LPQ Al Hurriyyah. Peserta akhwat yang hadir 68 orang. Tahsin 1A 9 orang, tahsin 1B 35 orang, dan tahsin 2 berjumlah 24 orang. peserta ikhwan yang hadir 30 orang. tahsin 1 jumlahnya 21 orang dan tahsin 2 jumlahnya 9 orang.

Ujian dimulai pukul 08.00-11.00 WIB. Peserta diwajibkan untuk registrasi ulang pada pukul 07.30 WIB. Peserta diperbolehkan ujian di atas pukul 08.00 WIB, tapi batas waktu maksimal penyelesaian ujian tetap sampai pukul 11.00 WIB. Registrasi ulang ditutup pukul 10.30 WIB.

Peserta terlihat sangat serius dalam mengerjakan soal ujian tulis, begitu pula dengan ketika mereka melaksanakan ujian lisan. Banyak diantara mereka yang merasa gugup saat melaksanakan ujian lisan. “Kalo baca Qur’an sendiri rasanya itu lancar banget, tapi waktu dites jadi grogi dan deg-degan, bacaannya jadi banyak yang salah,” begitulah pengakuan salah seorang peserta ketika selesai melaksanakan ujian.

Insruktur yang menguji kemampuan baca Qur’an peserta adalah mereka yang sudah lulus Dauroh Syahadah. Hari pertama instruktur akhwat yang hadir ada 6 orang, untuk yang ikhwan ada 6 orang. Instruktur yang bisa hadir sedikit karena memang terbatasnya jumlah instruktur dan hanya beberapa saja yang ada waktu luang untuk menguji.

Hari 2

Ujian tahsin akhwat dilaksanakan di Ruang Asma Masjid Al Hurriyyah, sementara ikhwan tetap di Ruang Sahabat Masjid Al Hurriyyah. Peserta ujian merupakan santri tahsin yang terdaftar di LPQ Al Hurriyyah. Peserta akhwat yang hadir 73 orang. Tahsin 1A 16 orang, tahsin 1B 29 orang, dan tahsin 2 jumlahnya 28 orang. peserta ikhwan yang hadir 26 orang. tahsin 1 jumlahnya 21 orang dan tahsin 2 jumlahnya 5 orang.

Ujian dimulai pukul 08.00-11.00 WIB. Peserta diwajibkan untuk registrasi ulang pada pukul 07.30 WIB. Peserta diperbolehkan ujian di atas pukul 08.00 WIB, tapi batas waktu maksimal penyelesaian ujian tetap sampai pukul 11.00 WIB. Registrasi ulang ditutup pukul 10.30 WIB. Akan tetapi pada hari kedua ada santri yang datang di atas pukul 10.30 WIB dan memaksakan diri untuk ikut ujian, akhirnya diperbolehkan oleh panitia.

Peserta terlihat sangat serius dalam mengerjakan soal ujian tulis, begitu pula dengan ketika mereka melaksanakan ujian lisan. Banyak diantara mereka yang merasa gugup saat melaksanakan ujian lisan.
Ruang Asma lebih kecil dari Aula, sehingga peserta terpaksa duduk berdesak-desakan karena junlahnya sangat banyak. Lampu di ruang Asma juga mati, sehingga ujian dilaksanakan dalam keadaan kurang penerangan. Karpet masih menjadi masalah, karpet yang ada terbatas untuk beberapa peserta, sehingga peserta yang datang lebih siang tidak bisa duduk di atas karpet. Tapi ini ten tidak mengurangi semangat peserta dalam mengikuti ujian kali ini.

Begitulah sahabat, semoga saja Ujian yang sederhana ini tidak sesederhana berkah yang diturunkan. Insya Allah pengumuman Ujian Tahsin akan dimuat di web kami: www.lpqalhurriyyah.com juga di mading masjid Al Hurriyyah. Jangan lewatkan juga Wisuda santri pada 24 Februari 2013, Juga MTQ IPB yang akan di helat di penghujung februari atau awal maret. Dan bagi yang ingin mendaftar menjadi santri tahsin, Insya Allah pendaftaran akan dibuka Pada Februari 2013...

“Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar engkau menjadi susah...” -TQS Thaha: 2-
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..


3 komentar:

  1. Allahu Akbar!!!

    hayo hayo... up date terus y
    TO DS & Ujian Tahfidz jangan lupa jg... ^^

    BalasHapus